29 April 2015

Adat istiadat di pulau dewata

Adat istiadat di pulau dewata

Ane jg punya pengalaman pribadi pas ane study tour ke bali jaman SMA. Waktu itu pas kita mau nonton Tari Kecak & Barong (ane lupa nama tmpt nya). Kebetulan di dkt pintu masuknya ada barong buat pajangan di sanggar tari tersebut. Sebelumnya guru ane dah wanti-wanti supaya jangan pernah ada yg usil masalah adat istiadat di bali. Tapi ada teman ane yang gayanya emang sok jagoan & dia colok-colok mata tuh barong pajangan. Ane sih udah coba ingetin tapi emang dasar sok jago malah sengaja-sengaja tuh mata barong di colok-colok.

Sampai selesai tariannya sih ga ada masalah, tapi setelah sampai kamar hotel tiba-tiba teman ane ngoceh-ngoceh kayak orang kerasukan dengan bahasa yg aneh. Akhirnya guru ane minta bantuan staff hotel & staff hotel itu bilang kalo teman ane itu ngomong bahasa bali kuno & hanya orang-orang Bali yg udh tua yang paham bahasa tersebut. Akhirnya staff hotel tersebut nyoba manggil orang pinter yang paham bahasa tersebut. Dari situ ketauanlah penyebab kenapa teman ane kerasukan karena penunggu Barong ga terima matanya di colok-colok. 

Akhirnya teman ane & guru-guru beserta orang pintar tersebut balik lagi ke sanggar tari buat minta maaf sama tuh Barong. Selesai minta maaf & ikut ritual adat akhirnya teman ane normal lagi, tapi harus membayar biaya adat buat pensucian tuh barong sebesar 2 juta.

Yang penting dimanapun kita berada kita harus pintar membawa diri & hormat pada adat istiadat setempat sekaligus dibarengin dengan doa. Insya Allah ga akan terjadi apa-apa pada diri kita.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts