28 April 2015

Larangan melangkahi pohon/batang bambu yang membungkuk ketika lepas mahgrib

Larangan melangkahi pohon/batang bambu



Dulu waktu ane masih SMP sekitar tahun 2001, ane pernah menemui tentang seorang yang pernah menghilang karena mitos ini. Saat itu ane bersama 3 tetangga ane yang seumuran kira-kira masih 1 smp lah gan, sekitaran jam 4 sorean (waktu itu ane sempet tinggal di desa daerah Karanganyar-Kebumen) dan sore itu ane ama temen ane maen kelereng di sekitaran pekarangan bambu yang ada di kampung di desa ane itu. Keasyikan dengan permainan kelereng itu kami ga sadar kalo udah habisin waktu sekitar hampir 2 jam dan udah kedenger suara adzan dari masjid terdekat.

Salah seorang temen ane dipanggil ibunya untuk segera pulang. Ya udah akhirnya kami bergegas pulang, nah pada saat itu jalan yang kami lalui ada banyak pohon bambu di pinggirnya (namanya juga pekarangan bambu gan banyak pohon bambu tak beraturan tumbuhnya disana). Waktu mau balik itu ada temen ane yang masih ambilin kelerengnya yg tersebar tadi di kebun. Dia bilang "Tunggu bentar aku mau ambil kelerengku dulu", ya udah ane ama temen ane satunya berjalan pelan-pelan sambil nungguin dia. Waktu dia selesai dia terus ngikutin kami dari belakang, waktu itu ane lewat di jalan yang ada pohon bambu tapi batangnya menunduk gan (salah satu batangnya condong hampir terjatuh).

Nah waktu itu ane ga tau juga perasaan td kayaknya ga ada tuh batang bambu yang kayak gitu waktu berangkat. Tapi ane ga curiga waktu itu gan, ya udah ane ama temen ane lewatin batang bambu itu tp ane lewat dibawahnya (karena masih kecil jd muat lewat di bawahnya n ngrasa ketinggian klo mau nglangkahin tuh pohon bambu ). Saat itu juga ane nengok temen ane yg paling belakang dia masih berjalan ngikutin kami ya ane mikir masih baik-baik saja waktu itu. Ketika ane berjalan kedepan kira-kira ada 10 langkah lah ama temen ane tiba-tiba ada suara "krusakkk...", kayak pohon bambu ketarik gan .... Sontak ane langsung nengokin temen ane paling belakang takutnya dia jatuh ato knapa. Waktu ane tengok dia, ane bingung gan ane ga ngeliat apa-apa di belakang (temen ane kagak ada begitupula ama batang bambu yg tadi mbungkuk udah ga ada.

Perasaan takut ane muncul gan waktu itu, mau ga mau ane cariin temen ane ( temen ane yg dismping ane td pikir paling dia ngumpet nakutin kita) tp tetep ane penasaran gan. Ane samperin tempat pas bambu tadi ane liatin ane cariin sekelilingnya temen ane ga ada dimanapun. 10 menitan ane cari ane lemes gan ane mutusin bilang ke orang tuanya walaupun dengan rasa takut yang super klo si temen ane yg paling belakang itu ngilang. Sampai di rumah orang tuanya, ane dengan deg-degan mau ga mau bilang klo si (adi) hilang waktu tadi mau pulang dari pekarangan bambu.., Waktu itu ane liat wajah ibunya mendadak pucet gan, dia sama sekali ga nanyain ane "kok bisa??, dimana??, ato apalah" tapi ibunya langsung lari ke belakang teriak manggil suaminya (bapaknya adi). Trus bapaknya adi keluar samperin ane ama temen ane dia buru-buru nganter kami pulang ke rumah. Dan di rumah, bapak ane diajak ama dia (denger-denger dari obrolan mereka katanya mau cari si Adi tsb. Bukan hanya bapak ane yg ikut tp banyak yg laen juga pada cariin Adi. semalam cariin ga ketemu gan, malam berikutnya masih nyari ga ketemu juga sampai kurang lebih semingguan gan tapi nol alias tanpa hasil.

Saat itu ane ga dikasih tau apa yg sebenernya terjadi gan n pada akhirnya bapak ane cerita kalau memang ada mitos tentang jangan sekali-sekali melangkahi batang bambu yang membungkuk klo lepas maghrib. Bapak ane cerita dulu temennya juga ada persis kayak gitu walopun udah dipanggilin kyai tp tetep ga ketemu. Kata bapak ane dia dibawa ama demit (wewe gombel) yang suka ama anak-anak n slalu nunggu di pohon bambu untuk bawa anak-anak pulang ke alam mereka karena kemalaman.

Setelah 1 bulan kejadian itu, temen ane belum ketemu n orang tua merka udah pasrah karena cara apapun juga ga balikin anak mereka. Ane pindah ke solo dan 4 tahun kemudian ane dapet kabar dari sodara ane didesa kalau temen ane itu akhirnya balik. Ane ama orang tua ane sekeluarga buruan pergi ke desa lagi di tempat itu juga. Sampai disana ane ikut bapak ane nengokin ke rumah temen ane itu yang masih rame ditengokin para tetangga. waktu ane masuk rumah dan ngeliat temen ane itu lagi astagfirullah..., secara fisik dia masih sama kayak 4 tahun yang lalu, memakai baju yang sama dan masih membawa kelereng. 

Semingguan dia di terapi ama tabib di desa ane yg juga ustadz. Dia pun sembuh berkat doa-doa n ruqiyah. Temen ane pun pulang ke rumah sehat kembali, dia pun akhirnya bercerita kalau waktu itu dia nglangkahin batang tersebut dan ada seorang ibu-ibu dengan kain lusuh wajah senyum membawa dia ke rumah ibu tersebut. Dia mau karena dia waktu itu ga ngeliat ane n semua yang dilihatnya gelap kayak jam 12 malam. Dia bilang dia menunggu waktu pagi jadi hanya berkisar 12 jam, dia berada di rumah ibu itu. Katanya dia disana dikasih makan yang enak-enak dan dan dibuat betah. Disediain susu,  pokoknya makanan terjamin semua. Dia pun ditawari untuk singgah lebih lama di rumah itu tp dia menolak dan dengan pasti dia pengen pulang kerumahnya. Akhirnya dia diantar ama ibu itu di tempat dia semula gan, dan akhirnya dia pulang ( menurut orang desa dia ditemukan pingsan di area pekarangan itu). Dan yang paling tragis ustadz yang merawat dia bilang "sebetulnya makanan enak yang diberikan buat dia itu seonggokan bangkai ayam, tahi kerbau, dan daun bambu". 12 jam di alam itu 4 tahun di alam kita dan itulah kenyataannya apa yang dialami teman ane menjadi pelajaran berarti buat ane, dan menurut ayah ane mitos itu banyak terjadi di desa-desa di seluruh pulau jawa di pekarangan yang banyak pohon bambunya.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts